Rabu, 19 September 2012

6 Transfer Terheboh

Stadion Sepak Bola, 19/09/2012 - Transfer pemain dari satu klub ke klub yang lainnya adalah hal yang lumrah terjadi di era sepak bola profesional saat ini. Perpindahan pemain itu bisa terjadi antara satu klub di satu kompetisi ataupun antar klub yang berbeda kompetisi. Meskipun demikian, ketika terjadi perpindahan pemain tidak sedikit di warnai dengan aksi penolakan dari fans klub yang di tinggalkan.

Kehebohan dari terjadinya perpindahan pemain antar satu klub ke klub yang lainnya tidak hanya di warnai dengan aksi penolakan fans namun juga kepindahan yang tidak di duga. Dalam sejarah transfer pemain di dunia sepak bola, terdapat beberapa proses perpindahan yang menghebohkan para penggila bola hampir di seluruh dunia terutama fans klub yang di tinggalkan. Berikut ini adalah 6 transfer terheboh versi Stadion Sepak Bola.

1. Luis Figo (Barcelona ke Real Madrid)
Barcelonalista tentu tidak akan lupa bagaimana permainan yang di tampilkan oleh Luis Figo selama berkostum klub kebanggaan warga Catalan. Memperkuat El Barca selama lima musim (1995-2000)  dan memberikan dua gelar La Liga, dua piala Copa del Rey, satu Piala Super Spanyol, Piala Winners, dan Piala Super Eropa membuat pria bernama lengkap Luís Filipe Madeira Caeiro Figo ini menjadi salah satu pemain idola bagi para fans. Namun hal yang tidak pernah di banyakkan oleh seluruh fans terjadi, Figo hijrah ke musuh sepanjang masa El Barca, Real Madrid, pada musim kompetisi 2000/01. Kepindahan ini memunculkan reaksi keras dari para fans, buntut dari kebencian para pendukung Barcelona terhadap pria kelahiran 4 November 1972 ini adalah ketika pertandingan El Classico dimana saat Figo mengambil tendangan penjuru, ia di berikan "oleh-oleh" oleh fans Barcelona berupa sepotong kepala babi.

2. Roberto Baggio (Fiorentina ke Juventus)
Salah satu gelandang serang terbaik yang pernah di miliki oleh Italia, itu lah predikat yang di dapat oleh pria kelahiran 18 Februari 1967 ini. Bermain gemilang bersama Fiorentina selama lima musim kompetisi (1985-1990) membuat sinar terang Baggio semakin menyilaukan klub-klub lainnya. Kecemerlangan Baggio selama memperkuat Fiorentina ini pun membuat Juventus tertarik untuk meminang sang pemain. Pada awal musim 1990/91, Baggio resmi pindah ke Turin dengan mahar sebesar 10 juta euro. Kepindahan pemain berambut kuncir ini ternyata tidak mendapat restu dari para fans Fiorentina, fans yang kecewa terhadap transfer ini melakukan unjuk rasa di kota Fiorenze. Tercatat 50 orang terluka akibat unjuk rasa yang di lakukan terhadap ketidaksutujuan kepindahan Baggio.

3. Ronaldo (Inter Milan ke Real Madrid)
Massimo Morrati mungkin tidak akan pernah melupakan betapa Ronaldo tidak memberikan balasan atas jasa yang telah ia lakukan untuk sang penyerang. Betapa tidak, memperkuat Inter Milan selama lima musim (1997-2002) Ronaldo justru lebih banyak menghabiskan waktunya di ruang medis di bandingkan di lapangan. Kesetiaan pihak Inter merawat cidera yang di alami oleh sang pemain justru di balas dengan hijrah ke klub lain. Setelah di nyatakan fit dan membatu negaranya, Brazil, menjuarai Piala Dunia 2002, Ronaldo memilih hengkang ke klub bertabur bintang Real Madrid.

4. Andrea Pirlo (AC Milan ke Juventus)
Apa yang ada di pikiran para petinggi AC Milan ketika melepas sang pengendali lini tengahnya ke klub rival, Juventus, tanpa biaya sepeserpun ? Itulah yang menjadi bahan perbincangan para pengamat sepak bola. Dari segi usia Pirlo mungkin sudah melewati masa keemasannya, namun pada kenyataannya pengaruh Pirlo di lini tengah AC Milan masih belum tergantikan. Mendapatkan maestro lini tengah tanpa biaya sesen pun jelas menjadi keuntungan besar bagi Juventus dan itu terlihat di akhir musim kompetisi. AC Milan klub yang melepas Pirlo harus merelakan status juara liganya, dan yang berhak menyandang predikat juara liga itu tidak lain dan tidak bukan adalah klub baru Pirlo, Juventus.

5. Thiago Silva dan Zlatan Ibrahimovic (AC Milan ke PSG)
Efek dari peraturan Financial Fair Play, mungkin itu lah yang bisa menjadi penyebab pindahnya dua bintang di klub elit Serie A dan Eropa, AC Milan, ini ke liga Prancis yang bisa di bilang kualitasnya masih berada di bawah Serie A. Apapun penyebabnya, yang jelas kepindahan ikon lini depan dan belakang AC Milan ini telah membuat gusar para Milanisti, mereka seakan tidak percaya tim sekaliber AC Milan menjual pemain bintangnya ke klub yang statusnya jauh di bawah Milan sendiri. Sebagai bentuk kekecewaan fans terhadap transfer ini, lebih dari setengah tiket musiman yang telah di beli oleh para fans di kembalikan.

6. Robin van Persie (Arsenal ke Man United)
Kepindahan Robin van Persie ke Man United memang tidak serta merta membuat para fans Arsenal menjadi murka, namun yang membuat transfer ini masuk dalam 6 transfer terheboh di karenakan saga transfer yang terjadi. Ketika musim kompetisi 2011/12 berakhir, nama Van Persie menjadi komoditas terpanas di bursa transfer pemain, tercatat empat klub besar Eropa bersaing untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain. Ke empat klub tersebut adalah Barcelona, Real Madrid, Man City, dan Juventus. Ke empat klub ini saling klaim telah mendapatkan tanda tangan si pemain, namun pada kenyataannya semua pernyataan tersebut hanyalah rumor belaka. Man United yang masuk kedalam persaingan di saat-saat akhir justru menjadi pemenang dan berhak mendapatkan tanda tangan Van Persie dengan mahar 27 juta euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar