Senin, 17 September 2012

Preview Liga Champion Matchday 1

Kejuaraan sepak bola antar klub yang paling di nantikan di seluruh dunia telah kembali untuk memulai musim pertempuran yang baru, dan Stadion Sepak Bola mengemukakan beberapa fakta dari pertandingan yang akan berlangsung pada Rabu (19/09) dan Kamis (20/09) esok. Fakta yang di kemukakan di bahas secara ringan dan tentunya tetap berbobot.
Transfer musim panas telah berlalu, begitu banyak perpindahan pemain antara satu tim ke tim yang lainnya, begitu juga dengan pergantian pelatih di klub-klub Eropa. Tapi, satu hal yang pasti adalah salah satu tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk menjadi yang terbaik di kompetisi level tertinggi di benua Eropa, Champions League atau lebih familiar kita sebut dengan Liga Champion.

Grup A (Dinamo Zegreb vs Porto // PSG vs Dynamo Kyiv) :
- Dinamo dan Porto telah bertemu empat kali sebelum ini dengan meraih kemenangan ketika masing-masing tim menjadi tuan rumah, pertemuan terakhir kedua klub ini adalah pada musim 1998/99 di kompetisi yang sama.
- Dynamo Kyiv bertemu terakhir kali dengan PSG di Piala UEFA (sekarang Europa Cup) pada musim 2008/09. Kedua klub pertama kali bertemu pada musim kompetisi 1994/95 dimana kiper Dynamo Kyiv, Olexandr Shovkovskiy, pada waktu itu masih berusia 19 tahun dan sekarang telah berusia 37 tahun untuk tetap ambil bagian pada pertandingan esok lusa.

Grup B (Montpellier vs Arsenal // Olimpiacos vs Schalke) : 
- Oliver Giroud "pulang kampung" ke Montpellier setelah pindah ke Arsenal di awal musim ini, selain itu Arsenal juga memiliki tujuh pemain yang pernah bermain di Liga Prancis yang di daftarkan untuk tampil di Liga Champion musim ini.
- Bek tengah Schalke, Kyriakos Papadopoulos, bermain untuk Olimpiacos dari tahun 2007 sampai 2010. Olimpiacos juga telah melakukan enam kali pertandingan kandang menghadapi wakil dari Jerman dengan hasil yang menakjubkan, mencetak 29 gol !

Grup C (Malaga vs Zenit // AC Milan vs Anderlecht) :
- Klub debutan liga champion musim ini, Malaga, hanya kebobolan tiga gol di kandang sendiri dari sembilan pertandingan kandang tingkat Eropa. Sedangkan Zenit selalu mengalami kekalahan ketika berkunjung ke ranah Spanyol.
- Anderlecht tidak pernah sekali pun meraih kemenangan dari 14 kali pertemuan menghadapi wakil dari Italia. AC Milan meraih gelar juara Liga Champion salah satunya dengan mengalahkan Anderlecht di partai puncak.

Grup D (Dortmund vs Ajax // Real Madrid vs Man City)
- Dortmund gagal meraih kemenangan di kandang sendiri ketika menghadapi wakil dari Belanda dalam empat jamuan terakhir. Pelatih Ajax saat ini, Frank De Boer, adalah salah satu line-up Ajax ketika menghadapi Dortmund di perempat final Liga Champion 1995/96.
- Sebagai pemain Man United, Critiano Ronaldo telah bertemu dengan Man City sebanyak 11 kali dengan hasil tujuh kemenangan dan tiga kali imbang.

Grup E (Shakhtar Donetsk vs Nordsjaelland // Chelsea FC vs Juventus) :
- Shakhtar dan klub debutan asal Denmark, Nordsjaelland, belum pernah bertemu di pertandingan resmi, tapi kedua klub pernah pertemu di pertandingan persahabatan di Spanyol pada Februari 2011 dengan Shakhtar keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.
- Juventus hanya mampu meraih dua kemenangan dari 18 kali penampilan mereka di Inggris, Chelsea menyingkirkan wakil Italia, Napoli, di 16 besar musim lalu yang akhirnya menjadi juara.

Grup F (Lille vs BATE // Munchen vs Valencia) :
- Kedua klub masuk ke babak penyisihan grup melalui babak penyisihan, Lille mengalahkan wakil Denmark, Kobenhavn, sedangkan BATE menyingkirkan FK Vardar.
- Munchen dan Valencia melakoni reuni partai final di tahun 2001 yang lalu, dimana Munchen keluar sebagai pemenang setelah melalui adu penalti.

Grup G (Barcelona vs Spartak Moskva // Celtic vs Benfica) :
- Pelatih Barcelona, Tito Villanova, melakukan debut nya sebagai pelatih di Liga Champion, sedangkan pelatih Spartak, Unai Emery, akan menghadapi Barcelona untuk ke-13 kalinya selama karir kepelatihannya.
- Dalam dua kesempatan terakhir, Celtik mampu menyingkirkan Benfica di penyisihan grup untuk lolos ke babak 16 besar.

Grup H (Man United vs Galatasaray // Braga vs CFR Cluj)
- Galatasaray tidak pernah meraih kemenangan setiap berkunjung ke kandang klub-klub asal Inggris. Kunjungan pertama Galatasaray ke Old Traford berakhir dengan skor imbang 3-3 di babak penyisihan grup 1993/94, yang juga ikut membantu Man United lolos ke babak selanjutnya.
- Braga dan CFR Cluj tidak pernah bertemu sebelumnya termasuk pertemuan dengan tim asal negara masing-masing.

Sumber : UEFA.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar